Istilitah Dari Somatotype? Salah Satu Tips Menjaga Kebugaran

Pernahkah Anda mendengar kata “somatotype”? Sederhananya, somatotipe atau tipe tubuh mengacu pada kondisi fisik seseorang.

Umumnya tubuh manusia terbagi menjadi tiga endomorph, mesomorph dan ectomorph. Ketiga jenis tubuh ini memiliki ciri khas masing-masing.

Selain itu, perbedaan bentuk tubuh ini akan memengaruhi jenis olahraga yang Anda lakukan. Untuk memastikan ada alasan yang baik untuk berolahraga, kami perlu mengetahui tipe tubuh Anda agar kami dapat menyesuaikan jenis latihan dengan kekuatan fisik Anda.

Apa ciri-ciri masing-masing somatotipe? Ini teksnya!

1. Endomorph, tebal

Yang pertama dari jenisnya yang dipublikasikan di majalah olahraga 2019, menampilkan lemak besar, kepala bulat besar, tulang pendek, leher pendek, tubuh bulat dengan lemak perut dan lemak dada. bahu sempit, dada lebar, bahu lebar, pinggul pendek, kaki lebar dan pinggul.

Endomorph memiliki metabolisme yang rendah, sehingga mudah menambah berat badan meski makan lebih sedikit. Untuk membangun tubuh yang sehat, spesies endomorfik membutuhkan pola makan dan olahraga yang sehat.

Jenis ini cocok untuk latihan ringan yang tidak memberi terlalu banyak tekanan pada struktur tubuh dan penyangga tetapi tidak menimbulkan banyak gerakan. Contohnya termasuk bersepeda, berlari, dan berenang.

2. Tipe mesomorfik, struktur otot

Orang ini cocok untuk kebanyakan orang. Hal ini ditandai dengan tubuh berotot kuat, tulang besar dan otot padat, kaki, jari tangan, lengan besar (sempit atau berat), jari tangan dan pinggul kurus, dan bahu lebar, seringkali dengan otot yang kuat.

Meskipun tipe tubuh mesomorfik tidak berolahraga, mereka biasanya berotot. Tipe tubuh ini dapat dengan mudah dibentuk dengan menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Kebanyakan mesomorph tidak memiliki masalah berat badan atau penampilan. Tipe tubuh ini hanya untuk pemilik tubuh, jika ingin melatih atau membiarkannya saja, tetapi tetap cantik.

3. spesies ektomorfik, spesies cantik

Biasanya badan ini kurus, bertubuh kecil, tulang kecil dengan otot tipis, lengan panjang dan kaki berjari pendek, bukan berarti pria selalu tinggi, perut dan tulang punggung lurus, tangan tajam direkatkan. saluran tidak terlihat

Tipe Ectomorph ditandai dengan tingkat metabolisme tinggi yang memfasilitasi pembakaran semua makanan yang tertelan. Sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun Anda makan terlalu banyak karena tubuh ectomorphic tidak menyimpan terlalu banyak lemak di dalam tubuh.

Tipe tubuh ektomorfik membutuhkan kerja dan stamina untuk menambah berat badan atau mempertahankan tubuh normal. Pemuda tidak diperbolehkan membebani otot rambutnya melalui latihan kekuatan.

Usai latihan, pemilik tubuh jenis ini harus selalu menjaga bentuk tubuhnya melalui latihan kekuatan dan keseimbangan secara teratur, selain menjaga pola makan yang sehat.

Baca Juga : 5 langkah ini dapat melebihi manfaat olahraga

4. Faktor yang mempengaruhi sifat perilaku

Faktor terpenting yang mempengaruhi somatotipe adalah usia. Pubertas merepresentasikan transisi dari masa kanak-kanak hingga dewasa, sebagaimana dimuat dalam laporan yang diterbitkan di jurnal sains Indonesia 2018.

Ada banyak perubahan pada orang dewasa, antara lain peningkatan massa otot, peningkatan lemak tubuh, dan perubahan fisik akibat perubahan hormonal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa somatotipe manusia berkisar dari mesomorph kekanak-kanakan hingga ectomorph muda.

Faktor lain yang dapat memengaruhi bentuk tubuh Anda adalah pola makan Anda. Body Mass Index (BMI) dapat menentukan bentuk tubuh seseorang. BMI, atau obesitas, ditentukan oleh somatotipe yang menyebabkan endomorph dan BMI selain olahraga ektomorfik.

5. Peran somatotipe dalam pembangunan kesehatan

Jenis olah raga yang cocok untuk olah raga yang anda lakukan sangat bermanfaat untuk performa anda karena dapat membantu membentuk kebugaran anda.