10 Penjelasan Kebugaran Yang Harus Anda Ketahui

Ada beberapa komponen fitnes yang harus kita ketahui. Dengan mengumpulkan bahan-bahan tersebut, Anda dapat memenuhi kebutuhan fitnes Anda. Pertama-tama, fitnes adalah kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan tekanan fisik yang dialaminya saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih berenergi, memiliki respon dan respon tubuh yang tepat, mengurangi risiko obesitas, mencegah cedera, dan menawarkan banyak manfaat lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda sering berolahraga, rasa lelah Anda akan berkurang. Latihan fisik dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, kebutuhan fisik setiap orang berbeda untuk aktivitas yang berbeda. Ada beberapa komponen fitnes yang harus kita ketahui. Berikut adalah ringkasan dari komponen-komponen kebugaran:

Komponen Kebugaran

Penjelasan Kebugaran

Daya

Kekuatan adalah kemampuan otot untuk menahan stres selama berolahraga. Kekuatan pada otot lengan dan tungkai dapat dicapai melalui latihan terus menerus dengan beban berat dan sedikit pengulangan.

Persistence (ketahanan)

Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan jantung, paru-paru atau saluran udara dan sirkulasi darah secara efektif dan efisien. Tidak seperti latihan kekuatan, latihan ketahanan dapat dilakukan dengan beban yang tidak terlalu berat. Frekuensinya juga semakin lama.

Contoh pelatihan ketahanan termasuk berlari minimal 2 km, joging minimal 12 menit, berlari pada level yang berbeda, dan mengangkat beban dengan beban ringan tetapi menggandakan repetisi, serta mengangkat dan menuruni bukit atau lereng dan tanjakan.

Kekuatan Otot (muscle strength)

Pengertian kekuatan otot adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan tenaga maksimal yang diberikan dalam waktu yang singkat. Selain itu, mungkin juga karena sistem anaerobik dalam proses produksi energi.

Speed (kecepatan)

Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk bergerak secara terus menerus atau terus menerus dengan cara yang sama dalam waktu yang singkat. Kecepatan diperlukan untuk jarak pendek 100 dan 200 meter.

Baca Juga : Fakta Menarik Seputar Olahraga American Football

Fleksibilitas (fleksibilitas)

Penjelasan KebugaranFleksibilitas adalah sejauh mana seseorang dapat secara efektif beradaptasi dengan semua aktivitas dengan melakukan peregangan tubuh secara memadai. Jika seseorang memiliki kelenturan yang baik, ia dapat terhindar dari cedera.

Cedera tidak hanya memengaruhi mereka yang berolahraga, tetapi juga dapat terjadi secara tiba-tiba pada setiap orang yang berolahraga. Contoh olah raga atau olah raga untuk meningkatkan kelenturan antara lain yoga, aerobik, dan renang.

Mobilitas (agility)

Agility adalah kemampuan seseorang untuk dengan cepat mengubah situasi di area tertentu. Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang didasari oleh ketangkasan. Atlet bulutangkis harus bisa mengambil shuttlecock kemanapun lawan menunjuk, selama mereka berada di dalam garis lapangan. Oleh karena itu para pemain bulutangkis harus memiliki teknik dan ketangkasan yang baik.

Koordinasi (koordinasi)

Koordinasi adalah kemampuan seseorang untuk menggabungkan berbagai gerakan dan mengkoordinasikan dengan baik seluruh bagian tubuh.

Contoh latihan komponen fisik di zona koordinasi adalah memukul bola tenis ke dinding dengan tangan kanan lalu memegangnya dengan tangan kiri dan punggung.

Balance (saldo)

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol tubuh agar dapat melakukan gerakan dengan benar dan tepat. Senam merupakan salah satu olahraga yang sangat bergantung pada keseimbangan.

Beberapa contoh latihan untuk meningkatkan keseimbangan termasuk berjalan di atas balok kayu 10 sentimeter sepanjang 10 meter, berjalan dengan jari kaki, atau bahkan dengan cahaya lilin.

Akurasi

Akurasi adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol pergerakan bebas tubuh menuju suatu sasaran. Beberapa contoh olahraga yang membutuhkan ketelitian adalah panahan, bowling, sepak bola, dan bola basket.

Respon (reaksi)

Responnya adalah kemampuan seseorang untuk bertindak segera dan merespon masukan sensorik. Salah satu latihan yang meningkatkan reaksi adalah menangkap bola.